My Class blog adalah blog saya pribadi yang menceritakan pengalaman saya dalam mendidik serta berbagai hal pandangan tentang dunia pendidikan terkhusus di Sekolah Dasar

Membandingkan Dua Buah Pecahan


Membandingkan Dua Buah Pecahan

      Dipostingan kali ini saya kembali bercerita tentang anak-anak murid saya yang selalu membuat saya senang. Mengapa tidak? mereka begitu semangat dan riang dalam belajar matematika yang konon matematika itu dinyatakan sebagai ilmu yang menakutkan. Pada hari ini dalam kegiatan ini kami masih memasuki pelajaran pecahan dengan sub-materinya adalah membandingkan dua buah pecahan. Hal pertama yang membuat saya mengapa selalu membuat kegiatan-kegiatan seperti ini adalah agar setiap apa yang dipelajari dimatematika mereka bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan mudah mengerti dan BETUL-BETUL MEMAHAMI apa yang sedang dipelajari.

      Pada hari ini saya meminta murid-murid saya untuk membawa kertas origama dengan 4 warna masing-masing hanya satu lembar. Kegiatanpun dimulai, pertama saya memberikan intruksi "ambil kertas pertama dan potong/gunting kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama tapi berbentuk persegi panjang" langsung semua melipat kertas jadi dua bagian lalu memotongnya. Selanjutnya pada intruksi yang kedua saya "ambil kertas kedua dan potong/gunting kertas tersebut menjadi tiga bagian yang sama tapi berbentuk persegi panjang" dilanjutkan dengan intruksi "Bagi tiga panjang sisinya dengan menggunakan penggaris". Selesai mengerjakan, lanjut saya memberikan intruksi ketiga "ambil kertas ketiga dan potong/gunting kertas tersebut menjadi empat bagian yang sama tapi berbentuk persegi panjang tapi tidak menggunakan penggaris" nah semua pada bingung lagi deh. Puas rasanya melihat mereka pada kebingungan... wkwkwkkw... #guru_jahat :D . Sepertinya sampai menit kelima pun tidak ada yang tahu bagaimana caranya. yah sebagai guru yang baik hati dan yang tidak tega melihat orang lain kesusahan saya kasi tau deh triknya "pertama bagi dua dulu kan sudah tau tuh cara baginya selanjutnya dibagi dua lagi. Jadi deh empat bagian yang sama :D ". Oooooooooooooooo................ 
Terakhir pada intruksi yang keempat "ambil kertas keempat dan potong/gunting kertas tersebut menjadi tiga bagian yang sama tapi berbentuk persegi panjang." lalu satu-satu saya memandangi dicara yang terakhir ini berharap menemukan anak menggunakan cara yang unik dalam membagi kertasnya. Tapi sayangnya saya tidak menemukannya heheh... semua pada memilih menggunakan penggaris untuk membaginya sampai enam bagian. haha,,, tadi saya berharapnya ada yang pertama bagi tiga dulu pakai penggaris lalu tinggal lipat dua lalu potong. Tapi tak apa, setelah selesai membagi enam baru saya tunjukkan cara yang saya maksud tadi dan 
Ooooooooooooooo....... (lagi) -_-

     Sekarang masing-masing anak membandingkan mana pecahan yang lebih besar dari potongan kertas yang tadi dan memberikan kesimpulan. yaitu : semakin banyak dibagi maka semakin kecil dalam artian semakin besar penyebutnya maka semakin kecil nilai bilangannya.


     Pada kegiatan ini, sekalian saya menjelaskan pecahan yang senilai.
Untuk melihat postingan sebelumnya tentang cara mudah mengenalkan pecahan klik disini.




Labels: Metode CONSIGATICE

Thanks for reading Membandingkan Dua Buah Pecahan. Please share...!

0 Comment for "Membandingkan Dua Buah Pecahan"

Silahkan berkomentar dibawah.

Back To Top