My Class blog adalah blog saya pribadi yang menceritakan pengalaman saya dalam mendidik serta berbagai hal pandangan tentang dunia pendidikan terkhusus di Sekolah Dasar

Cara sederhana Mengenalkan Pecahan

Menurut saya Pecahan itu adalah salah satu materi yang masuk dalam jajaran materi tersulit di matematika. Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri pada saat mengajar masih banyak lagi siswa yang kebingungan baik anak SD, SMP, dan SMA mengalami kesulitan dan langsung tidak mau mengerjakan soal jika bilangannya adalah bilangan Pecahan. Bukan pada materinya yang sebenarnya tercipta sulit atau sukar dipahami tapi bagiamana anak mendapatkan pengalaman yang menyenangan pada saat kita mengenalkan pecahan itu diawal. Jika materi pecahan tersebut dikenalkan dengan cara yang konseptual yang bisa dirasakan oleh siswa sendiri manfaatnya pada kehidupan sehari-hari pasti pengalaman tersebut tidak akan mudah dilupakan sehingga siswa akan dengan senang hati menyelesaikan soal yang dalam bentuk pecahan.

Mengidentifikasi buah
Beginilah eksperesi menyenangkan yang tergambar pada raut wajah anak-anak SD SANG BINTANG. Belajar materi pecahan dengan buah-buahan. Dipertemuan sebelumnya saya meminta siswa untuk membawa buah jeruk atau salak atau boleh juga buah yang lain. Alasannya kenapa memilih buah salak atau jeruk karena buah tersebut memiliki bagian-bagian didalamnya jadi bisa lebih mudah menjelaskan konsep pecahan kepada siswa. Ya hari ini, sambil senyum-senyum ada yang bilang bawa buah pir. Waduh bagaimana membelahnya ini saya pikir untung tidak ada yang bawa buah semangka hehehe.... Sambil ketawa-ketawa anak tersebut mengeluarkan sesuatu, sambil berkata dan tersenyum "pisau" ternyata membawa sama pisaunya hahah... (prepare banget y heheh....). Selanjutnya siswa mengupas dan mengidentifikasi buah jeruk dan salak lalu menghitung ada berapa bagian yang ada didalam. Nah masing-masing yg bawa jeruk atau salak sibuk dengan jawaban 12 bagian, 10 bagian, 3 bagian dll... sedangkan utk yang bawa jambu dibagi jadi 2 bagian sedangkan pir dibagi menjadi 4 bagian.

Selanjutnya siswa saling berbagi buah yang dimiliki.
"Luthfi memberi 5/12 buah jeruk kepada saliha"
"Dinda menerima 1/3 buah salak dari hafiz"
Dll...
^_^

(walaupun ukurannya tidak sama tpi setidaknya saya pikir pendekatan ini bisa mempermudah siswa dalam memahami apa itu pecahan)
buah jeruk yang sedang diidentifikasi

Saliha memberi jason 1/4 buah pir

Ini nih yang prepare hehe...


Satu-satunya membawa buah jambu :D

Labels: Metode CONSIGATICE

Thanks for reading Cara sederhana Mengenalkan Pecahan. Please share...!

0 Comment for "Cara sederhana Mengenalkan Pecahan"

Silahkan berkomentar dibawah.

Back To Top