My Class blog adalah blog saya pribadi yang menceritakan pengalaman saya dalam mendidik serta berbagai hal pandangan tentang dunia pendidikan terkhusus di Sekolah Dasar

Pembelajaran Waktu SD kelas III

Jika 1 jam = 60 menit
dan 1 menit = 60 detik

Maka 1 jam berapa detikkah?

Sekilas pertanyaannya sederhana namun bagi anak kelas III SD yang baru mengenal operasi perkalian dan pembagian pasti tidak mudah mengkonversi bilangan yang demikian. Tidak penting nantinya jawaban tersebut salah atau benar yang terpenting dan saya harap adalah ada yang berani bersuara untuk menjawab serta mempresentasikannya. Untuk beberapa menit kelas terasa hening sejenak. Sambil menunggu jawaban, saya memandangi mereka satu demi satu. Melihat raut wajah serta tangan-tangan yang dengan lihai mencoret-coret buku yang mereka punya. Ada pula yang mendeskripsikan dengan jari jemari, serta ada yang memandangi jam yang digambar pada papan tulis. Tak menunggu lama satu demi satu anak-anak hebat ini melontarkan jawaban 120, 108, 2100, dll... Beragam memang jawaban mereka namun inilah proses pembelajaran semua boleh bersuara untuk mengajukan pendapat.

Semua dikelas hampir menjawab dan mereka memberikan penjelasan. Yah, walau penjelasannya tidak mengena tapi ya tetap sebuah penjelasan yang patut diapresiasi. :D ketika semua sudah hampir menyerah. hmmm... Seperti kebanyakan ending di film2 pada umumnya anak muda selalu datang yang terakhir :D... Ada satu anak yang sedari tadi diam ikut menjawab (saya lupa berapa angka yang disebutkan) lalu saya melihat buku yang dicoret wah exciting anak ini menuliskan 60 x 60 dengan jalan kebawah namun hanya saja ada kesalahan sedikit dalam perhitungannya. "Hampir benar!" lalu dengan sigap dia memperbaiki dan menjawab " 3600 ".(The student's name is Daffinza)

....

Moment ini akan saya ingat selalu. sebuah pengalaman nyata dipersembahkan oleh anak-anak cerdas yang tidak takut dengan pelajaran Matematika. :)
Labels: Metode CONSIGATICE

Thanks for reading Pembelajaran Waktu SD kelas III . Please share...!

0 Comment for "Pembelajaran Waktu SD kelas III "

Silahkan berkomentar dibawah.

Back To Top